Tumang, Boyolali Pusatnya Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Posted by tukang nggame on Wednesday, November 5, 2014

Daerah Tumang- Boyolali adalah Pusatnya Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Indonesia. Berbagai macam kerajinan yang terbuat dari tembaga dan atau kuningan banyak dihasilkan di desa Tumang tersebut. Sebut saja kerajinan tembaga lampu gantung, kerajinan lampu dinding, kerajinan tembaga vase, kerajinan kaligrafi, kubah masjid dan masih banyak lagi.

Banyak warga di Tumang Boyolali memiliki usaha kerajinan tembaga/kuningan, tak heran jika Tumang, Boyolali menjadi Pusatnya Kerajinan Tembaga dan Kuningan. Keahlian seni kerajinan kuningan/tembaga didapatkan warga Tumang secara turun temurun dari nenek leluhur mereka dan masih eksis hingga saat ini.

Pemasaran hasil produk kerajinan tembaga dan kuningan pun tak melulu pasar lokal/domestik saja, akan tetapi dari mereka sudah banyak yang merambah ke dunia internasional. Hal tersebut tidak lepas dari semakin membaiknya jaringan internet di Indonesia yang sudah hampir merata hingga ke desa-desa di Indonesia termasuk di Tumang, Boyolali. Salah satu industri kerajinan tembaga kuningan adalah aa gallery.

Kita harus memberikan apresiasi kepada mereka yang telah menjaga dan mengembangkan budaya bangsa melalui seni kerajinan tembaga/kuningan.