Ahli Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Lombok Barat

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Ahli Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Lombok Barat . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Kampung tsb disebut sebagai sentra perajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, serta lainnya walaupun demikian kini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris cafe, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negeri Kita serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya adalah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke samarinda. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi.


Contoh Seni Logam Kuningan adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan begitu beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini adalah beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para perajin kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Problem lain, perajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diharuskan inovatif serta diharuskan memantau keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari bandaaceh. Dengan bekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna memproduksi kerajinan tembaga yg berkualiti serta sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.