Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Tasikmalaya

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Tasikmalaya . Kampung Tumang, Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut dikenal sbg pusat pengrajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd orang Tumang, Jateng. Banyak keluarga Jateng membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, and lain-lain akan tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen hotel, gedung, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai bergairah dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia and manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bogor.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lainnya, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib inovatif and wajib memantau permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekadar menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari sibolga. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualitas and sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer puas.