Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Labuhan Batu Utara

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Labuhan Batu Utara . Desa Tumang, Jateng berlokasi di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut disebut sebagai sentra ahli kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Banyak saudara Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, dan sebagainya akan tetapi sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan eksterior hotel, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan logam buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini merupakan lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak sekedar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari batu. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi seni tembaga yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.