Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kepulauan Mentawai . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb disebut sbg pusat pengrajin seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga di sana membangun usaha rumahan kerajinan logam buat dijual ke beragam konsumen. Skill mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, juga sebagainya walaupun demikian kini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior restoran, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai menarik dengan naiknya orderan, baik orderan nasional maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Republik Indonesia juga luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke kediri. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar.


Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari wilayah lain tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt meraih harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan wajib kreatif juga wajib memantau selera prospek. Masa ini AA Gallery tidak sekadar meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior rumah namun sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari banten. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham cara guna menghasilkan kerajinan tembaga yang memiliki kualitas juga cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting pelanggan puas.