Bisnis Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Padang Lawas

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Bisnis Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Padang Lawas . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tersebut dikenal sebagai sentra bisnis seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior restoran, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita & manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya adalah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka ingin menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi website menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke salatiga.


Contoh Seni Logam Tembaga adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif & diharuskan memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah namun sudah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari sorong. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah paham cara guna memproduksi seni kuningan yang berkelas & cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer puas.