Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sarolangun

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sarolangun . Kampung Tumang, Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sebagai pusat ahli seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lainnya tetapi sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan eksterior cafe, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi website amat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke lubuklinggau. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke bitung.


Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki design sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga amat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yakni beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi sebab bahan yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lain tentu saja secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga harus inovatif dan harus memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak cuma mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor namun telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang design kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak cuma satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari cilegon. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara guna membuat kerajinan kuningan yang berkualitas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting konsumen puas.