Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Melawi

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Melawi . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat bisnis kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, juga sebagainya tapi saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya desain pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan cukup bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini ialah lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu otomatis dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lainnya, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam harus inovatif juga harus menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya menerima orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari prabumulih. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna menghasilkan kerajinan logam yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting pelanggan puas.