Produsen Seni Logam Melayani Prospek Kota Malang

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Produsen Seni Logam Melayani Prospek Kota Malang . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb disebut sebagai sentra produsen seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak keluarga Cepogo mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, and lainnya tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris cafe, kantor, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia and luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya merupakan hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah and banyak negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pagaralam. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan sangat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lainnya, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif and diharuskan memantau permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery tidak sekedar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari malang. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun membuat seni kuningan, AA Gallery semakin paham metode untuk memproduksi seni kuningan yang bermutu and cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen customer puas.