Pengrajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Maluku Tengah

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengrajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Maluku Tengah . Perkampungan Tumang, Cepogo berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg sentra ahli kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Boyolali membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain walau demikian masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior restoran, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka akan membantu para industri kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat. Tak cuma tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bitung.


Contoh Seni Kuningan adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini adalah banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan yg dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain-lain, pengrajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa menerima harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tsb, perajin kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan harus kreatif & harus menyesuaikan keinginan prospek. Kini AA Gallery tdk cuma menerima permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor namun sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk cuma satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari jambi. Berbekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi seni kuningan yg bermutu & sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting customer puas.