Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Aceh Tenggara

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Aceh Tenggara . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra pengusaha seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, dan sebagainya walau demikian sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris cafe, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya permintaan, baik permintaan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke gorontalo. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ambon.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga cukup beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yakni beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja akan ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain-lain, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan harus kreatif dan harus memantau selera pasar. Sekarang AA Gallery tdk hanya meraih permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk hanya satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari makassar. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk membuat kerajinan kuningan yang ber-quality dan sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen pelanggan puas.