Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Jember

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Jember . Desa Tumang, Jawa Tengah terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa Tumang tsb disebut sbg pusat industri seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, & lainnya namun sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior cafe, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dg meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka mau membantu para industri kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi website begitu membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke karawang. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sorong.


Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan begitu beraneka ragam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain-lain, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus kreatif & harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari madiun. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.