Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kendal

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kendal . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut diketahui sebagai pusat bisnis seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak keluarga Tumang mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, dan lainnya walaupun demikian sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior cafe, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan nasional dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website cukup membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.


Contoh Seni Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka bisa mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah banyak faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain-lain, industri Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam harus inovatif dan harus menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery nggak cuma meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tetapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari manado. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna membuat seni kuningan yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen puas.