Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Pulang Pisau

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Pulang Pisau . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb diketahui sbg pusat pengrajin seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam pasar. Skill menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, dan lainnya namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan ornamen cafe, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negara Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet amat membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke metro. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pontianak.


Contoh Kerajinan Tembaga ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka dpt mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini ialah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lain, pengrajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga harus inovatif dan harus memantau selera pasar. Saat ini AA Gallery tdk sekadar menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari denpasar. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat seni logam, AA Gallery semakin paham cara guna menghasilkan seni logam yang berkualiti dan cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.