Pengrajin Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Tenggara

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengrajin Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Tenggara . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai sentra produsen kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, and lainnya akan tetapi sekarang telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam wilayah di Republik Indonesia and luar negeri. Permintaan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka ingin menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi internet menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sawahlunto. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tomohon.


Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga beragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini ialah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal karena bahan yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diharuskan kreatif and diharuskan menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari kendari. Berbekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara untuk memproduksi kerajinan tembaga yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.