Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Batang Hari

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Batang Hari . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg pusat pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, dan lainnya namun saat ini telah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan interior restoran, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website begitu membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bima. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya desain pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam begitu bervariasi namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini merupakan beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal karena bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam wajib kreatif dan wajib memantau permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekadar menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan interior hotel namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekadar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari bogor. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan seni logam yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan puas.