Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tegal

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tegal . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai sentra ahli seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, serta lainnya akan tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan eksterior hotel, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Republik Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka ingin menolong para pengrajin kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi website menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke banten. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bandung.


Contoh Seni Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lainnya, produsen Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa meraih harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan wajib inovatif serta wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk sekedar meraih permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior rumah namun sudah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari madiun. Bermodalkan pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode guna menghasilkan kerajinan kuningan yg bermutu serta sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen pelanggan puas.