Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Ende

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Ende . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur . Perkampungan tsb disebut sbg pusat industri seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke banyak konsumen. Keahlian menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, & lainnya tapi sekarang telah beralih ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan eksterior hotel, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Negara Tercinta & manca negara. Permintaan kerajinan tembaga meningkat sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan produknya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke balikpapan. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sabang.


Contoh Seni Logam Tembaga adalah robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan begitu beragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Antara lain ini adalah banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal karena bahan yg digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini semestinya harganya semakin murah karena bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya semestinya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan harus kreatif & harus menyesuaikan selera pasar. Masa ini AA Gallery tak sekadar meraih permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor namun telah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari baubau. Bermodal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara untuk menghasilkan seni logam yg bermutu & cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen customer puas.