Pengusaha Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kuantan Singingi

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kuantan Singingi . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Boyolali-Jateng membangun usaha rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, and lain-lain tetapi sekarang sudah berganti ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris restoran, rumah, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia and luar negeri. Permintaan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka ingin menolong para perajin kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua wilayah and banyak negara. Teknologi website menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke bali. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke pontianak.


Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Customer juga dapat mengorder kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yakni lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lain tentunya akan dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib kreatif and wajib memantau selera masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekedar meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah tetapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekedar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari tegal. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk memproduksi seni logam yang memiliki kualitas and sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen customer puas.