Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Buru

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Buru . Desa Tumang, Cepogo posisinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa Tumang tersebut dikenal sbg pusat perajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Boyolali membangun kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, & sebagainya akan tetapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan eksterior hotel, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita & manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet amat menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke padang sidempuan. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gorontalo.


Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya desain pribadi selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan amat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah karena bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain-lain, pengrajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib inovatif & wajib memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tidak hanya mendapat pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari batu. Bermodal pengalaman puluhan thn memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk menghasilkan seni logam yg berkualiti & cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen konsumen puas.