Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Aceh Jaya

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Aceh Jaya . Kampung Tumang, Cepogo terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tersebut dikenal sbg sentra pengusaha seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo. Banyak family Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, & lainnya akan tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan ornamen masjid, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai bergairah dengan meningkatnya orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negeri Kita & luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya adalah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke batam. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.


Contoh Kerajinan Tembaga adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka bisa mempunyai design sendiri AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu auto dikenai ongkir.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga harus kreatif & harus memantau selera prospek. Masa ini AA Gallery tidak sekadar meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tetapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari banjarmasin. Berbekal pengalaman puluhan th membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu cara untuk memproduksi seni tembaga yang bermutu & sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.