Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Gayo Lues

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Gayo Lues . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tsb dikenal sebagai pusat produsen seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali membangun usaha rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, & sebagainya tetapi saat ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka mau menolong para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi internet begitu menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke malang. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pariaman.


Contoh Kerajinan Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam begitu beragam tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yaitu lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya semestinya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau selera pasar. Kini AA Gallery nggak sekadar menerima pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tetapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari bandar lampung. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara untuk memproduksi seni logam yang berkualitas & cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen puas.