Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tapin

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tapin . Desa Tumang, Boyolali-Jateng terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Desa tersebut disebut sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga sebagainya namun masa ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior restoran, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sabang. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke malang.


Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan amat bermacam-macam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yakni lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif juga diharuskan memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery nggak hanya mendapatkan permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak hanya satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari lubuklinggau. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode untuk menghasilkan seni logam yg berkualiti juga cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.