Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Buol

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Buol . Desa Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb dikenal sbg pusat produsen kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak family Tumang membangun usaha di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, & lainnya tapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan interior masjid, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai bergairah dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website amat membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ternate. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pembeli juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam tembaga amat bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini adalah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentu saja auto ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dapat mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan pasar. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tetapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari batu. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti metode guna membuat seni tembaga yang memiliki kualitas & sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen konsumen puas.