Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Bengkulu Selatan

Posted by tukang nggame on Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Bengkulu Selatan . Desa Tumang, Boyolali berlokasi diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Desa Tumang tsb disebut sbg sentra bisnis seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, serta sebagainya walau demikian sekarang telah berganti ke kerajinan logam buat kebutuhan eksterior hotel, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka mau membantu para perajin kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta berbagai negara. Teknologi website amat membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke jambi. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke surabaya.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga amat bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini adalah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya semakin murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga harus kreatif serta harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tdk hanya memperoleh orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan kantor tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari blitar. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk memproduksi seni tembaga yang ber-quality serta sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.